Nilai Profetik Menjaga Lingkungan



Download makalah disini


Pada era globalisasi saat ini mulai terkikis rasa kemanusiaan, semangat religius, serta kaburnya nilai-nilai kemanusiaan sehingga timbul kekhawatiran pada setiap manusia akan terjadi penurunan nilai etik dan moral, sehingga akan semakin jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Untuk mengatasi pendidikan yang sudah mengalami distorsi, maka kode etik dan moral harus diberdayakan sehingga kehidupan kembali ke tampak wajah aslinya yaitu wajah kemanusiaan.
Hancurnya rasa kemanusiaan, perubahan sosial yang sangat cepat, proses transformasi budaya yang semakin meraksasa, perkembangan politik yang universal, kesenjangan ekonomi yang semakin melebar, dan terkikisnya semangat religius serta kaburnya nilai-nilai kemanusiaan merupakan kekhawatiran manusia paling puncak dalam kancah pergulatan global ini. Tataran kehidupan sudah mengalami perubahan yang sangat mendasar, kapitalisme jaya berdasarkan pada landasan mekanik yang pada akhirnya hanya melahirkan manusia robotik, pintar dan terampil tapi tidak religius, sehingga tidak lagi memerlukan dukungan agama. Kenyataan hidup sudah semakin jauh dari kemanusiaan, dikarenakan semakin jauh jarak manusia dengan nilai-nilai sakral religius, sehingga  perlu dikembangkan nilai etik dan moral sehingga kehidupan kembali menampakkan wajah kemanusiaan.
Karena sudah mulai menurunnya nilai etik dan moral, sehingga lingkungan sudah tidak lagi diperhatikan. Lingkungan sudah dibuat menjadi lahan dan modal untuk perdagangan sehingga dapat merusak lingkungan itu sendiri. Maka dari itu sangat pentingnya ditanamkan nilai profetik pada setiap individu. Oleh sebab itu, makalah ini akan membahas tentang bagaimana nilai profetik menjaga lingkungan?, yang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya.
A.    Rumusan Masalah
Yang menjadi rumusan masalah pada pembahasan ini seperti yang telah dipaparkan pada latar belakang di atas adalah bagaimana nilai Profetik menjaga lingkungan yang meliputi:
1.      Apa itu nilai profetik?
2.      Bagaimana pendidikan islam profetik?

3.      Bagaimana menjaga lingkungan berdasarkan nilai profetik?

0 komentar :